Kamis, 10 Maret 2016

Kelebihan dan Kekurangan OS Symbian

20160310161618.jpg

Bagi yang tahu seluk beluk ponsel pasti anda tidak asing lagi dengan kata symbian. Symbian pun punya kekurangan dan kelebihan, berikut selengkapnya :

Kelebihan
a. OS yang paling laris pada tahun 2007 sampai 2010, karena memang belum ada yang menandinginya waktu itu.
b. Symbian juga terbukti bisa tampil baik pada ponsel dan dirancang untuk multimedia, hampir semua aplikasi yang kompatibel bisa dipasang.
c. Symbian adalah sebutan dari nokia yangtidak diragukan lagi kualitasnya.
d. Symbian merupakan os yang dapat dimodifikasi semua yang ada didalamnya.
e. symbian dapat dibentuk atau gampangnya dirubah tampilannya sesuai selera.
f. Symbian mampu bersaing dengan pesaing pesaing kelasnya.

20160310183929.jpg

Kekurangan
a. symbian merosot dengan adanya os baru besutan dari merek dagang yang lain, seperti iphone dan blackberry dan yang paling berat yaitu android yang sudah sangat populer saat ini.
b. Konfigursi systemnya hampir sama dengan komputer, symbian rentan terkena virus.
c. Symbian terbilang hampir tersisih saat ini karena mungkin mulai tahun 2013 nokia tidak mengeluarkan ponsel symbian lagi karena telah digantikan dengan windows mobile besutan nokia dan sekarang nokia mulai memproduksi android.

Pengguna Symbian
Sebelum 28 Juni 2008, Nokia memegang 47,9 persen saham si Symbian Ltd, sisanya dimiliki oleh Ericsson, Panasonic, Samsung, Siemens/BenQ dan Sony Ericsson. Tapi sekarang, Nokia sudah memiliki semuanya. Jadi , jangan heran kalo rata-rata ponsel Nokia menggunakan OS ini.
Sistem operasi Symbian mirip dengan sistem operasi desktop. Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu.
Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk source code sendiri.

2 komentar:

  1. Ahmad fauzi rahman29 Mei 2016 pukul 07.18

    Huh Manteup Postingan nya gan... Jadi Kalau HP symbian Saya Mati.. Gak Bakalan Punya Symbian Lagi dong.. Kalau Udah Tak Keluar Lagi Pabrikann ya.. Curhat gan.. Saya Sudah 2 kali Megang HP symbian s60v3 e63 dari Mulay Megang hp waktu SD sampai Sekarang.. Tak Pernah Beuli HP Lain.. Saya Setia Sama E63.. Ini saya Beuli HP Bekas ..baru2 dengan Harga 500rb kosong Tanpa Dus di Konter nya.. Kalau Yang Baru Masih Ada. Namun Susah Di Cari..ada Tempat Saya Menemukan HP e63 Baru Namun Harga nya 1jt 500rb.. Salam Kenal aja Ya Gan.. Berjalah Untuk symbian Bagi saya:lol:

    BalasHapus
  2. @Ahmad fauzi rahman,
    iya gan memang Symbian gak akan ada yg baru lagi karna produksi sudah dihentikan. Sekarang susah nyarinya. Saya malah pengen beli E63 gan :D
    saya dari dulu gak pernah punya V3. Tapi susahnya minta ampun gan, cari di toko online pun masih susah. :(
    Salam kenal juga gan. Moga aja User Symbian masih pada setia ama hp Symbiannya. :)

    BalasHapus