Jumat, 04 Maret 2016

Jenis-Jenis Kartu Memori

KENALI JENIS KARTU MEMORI HP

Memory card/kartu memori merupakan media tambahan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital seperti gambar,audio,video, sesuai dengan kebutuhan kita.
Pada sebuah gadget seperti handphone peran kartu memori amatlah besar. Disamping sebagai penopang memori internal Hape yang kecil, Sehingga daya tampung file bisa lebih besar.
kartu memori bisa juga sebagai penyimpan file /software mentah hasil copas ataupun hasil download via phone.
Ukuran kartu memori untuk edisi sekarang bermacam-macam. Semua vendor berlomba banting harga dari sandisk,v-gen,transcend,nokia,sony,NCP dan masih banyak merk/brand local yang bersaing berebut bersaing disegmen kartu memori.
Pesan saya, kenali dulu jenis kartu memori hape yang anda gunakan. Jangan salah pilih and jangan teriming-iming garansi lifetime dari penyuplai kartu memori.

1. Micro SD/Transflash
micro-sd.jpg
kartu memori ini paling familiar disemua tipe ponsel,baik nokia,sony, samsung,LG,Motorola and hape cina. hampir semua hp memakai kartu memori jenis ini. Contoh : nokia 6120clasic,nokia 5300xpress music,nokia 3110c,nokia 2700,evercoss dll.
Untuk ukuran /kapasitas kartu memori jenis ini dari yang terkecil 1gb dan terbesar 16gb (memory ane cuma 8 gb aja). Harganya bervariatif tergantung brand kartu memori tersebut. Inget yaachh jangan maksain kapasitas kartu memori terlalu besar dikarenakan kinerja ponsel akan melambat…

2. MMC
mmc-lama.jpg
kartu memori jenis ini sudah lumayan langka dan mulai jarang digunakan dikarenakan kapasitasnya yang kecil ponsel pengkonsumsi MMC juga sudah mulai jarang ditemukan dipasaran.
kapasitas terbesar sepengamatan saya maximal 500mb.
contoh : Nokia N-gage,Nokia 3650,Nokia 3660

3. RSDV MMC
mmc-mobile-baru.jpg
kartu memori jenis ini pasti familiar dipemakai ponsel symbian.
disamping harganya yang relative murah,pemakaianya juga hotswap/bisa dicabut dalam keadaan hape tetep on. sayang sekali kapasitas terbesar sementara Cuma 2gb ( punya ane aja cuma sekitar 486 mb-an saja :( ) tapi enaknya RSDV MMC bisa dipakai di nokia lama pemakai MMC lumayan kan..?? :)
contoh hapenya : Nokia 6600,Nokia 7610, Nokia 6630 ,Nokia N70,N72, Nokia 6681 (hp ane Nokia 7610 dan 3230)

4. Mini SD
mini-sd.jpg
kartu memori jenis ini terbilang paling rewel menurut saya… disamping sering hang juga sering tidak terbaca dicard reader. bĂȘte banget menurut saya…huffftttt.... -_-
salutlah buat pemakai hape bermini SD…moga moga ga ngalamin yang aku alamin... xixixixi... ^_^
kapasitas maximal sepengamatan saya 2gb. contoh hapenya : Nokia 6270,Nokia N73

5. Stick Duo Pro
mc-sony.jpg
kartu memori jenis ini produk sony, ciri fisiknya besar dan panjang. pada dasarnya fungsinya sama dengan kartu memori kebanyakan sebagai media tambahan untuk penyimpanan file di hape/ponsel.
contoh hapenya : sony K750,w800

6. Stick Micro M2
mc-m2-adapterx.jpg
kartu memori jenis ini dikhususkan untuk produk sony juga, ciri fisiknya kecil mirip micro sd tapi beda slot dan kakinya.
contoh hapenya : G501,k800i,w200i

sekali lagi inget ya jangan maksain memori melebihi kapasitas kinerja ponsel kita.
sekian review dari saya semoga bisa menjadi pedoman saat pemilihan kartu memori untuk ponsel kalian semua.

6 komentar:

  1. Kok yang jenis sandisk gak ada???

    BalasHapus
  2. #Sultoni : Sanddisk itu adalah salah satu nama perusahaan yg memproduksi kartu memory berjenis micro SD sob.

    BalasHapus
  3. Abdullah Al Mahbub10 Juni 2016 pukul 21.36

    Thanks infonya !

    BalasHapus
  4. @Abdullah Al Mahbub,
    Oke vrooh

    BalasHapus
  5. yg mmc ada yg 2gb gan,temen ane juga pnya,kalo yg RSDV MMC ada 4 biji dirumah 1gb semua

    BalasHapus
  6. @Dheka fitra,
    entahlah gan. Soalnya ane gak punya MMC gan, ane punyanya cuma RSDV MMC aja cuma 2 buah, yg satu kapasitasnya 486 Mb dan yg satu lagi berkapasitas 1 Gb vrooh

    BalasHapus